Total Pageviews

Sunday 23 October 2011

Pantai Prigi (Trenggalek)

Pejalanan wisata bahari kali ini sampai daerah Trenggalek. Kabupaten yang mempunyai makna terang inggalih (terang di hati) berada di Jawa Timur bagian selatan, sekitar 186 km dari Surabaya. Posisi daerahnya berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga Trenggalek memiliki banyak kawasan pantai yang berpotensi untuk wisata bahari.

Salah satunya adalah Pantai Prigi di Desa Tasik Madu, Kecamatan Watulimo, sekitar 48 km arah selatan kota Trenggalek. Di pantai ini juga terdapat pelabuhan nusantara, pelabuhan penangkapan ikan terbesar di pantai selatan Pulau Jawa. Ikan tangkapan dari sini terkenal mutu dan rasanya yang bagus.

Selain itu, kawasan Pantai Prigi juga dilengkapi berbagai fasilitas wisata berupa tempat parkir yang luas, bumi perkemahan yang teduh, hotel dengan auditorium, rumah makan, serta lapangan tenis. 

Pada Bulan Selo (penanggalan jawa), nelayan Pantai Prigi menggelar upacara tradisional “Larung Sombonyo”. Upacara ini merupakan rasa syukur kepada Tuhan sekaligus sebagai peringatan pernikahan Raden Tumenggung Yudha Negara, seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.

No comments:

Post a Comment