Total Pageviews

Sunday 23 October 2011

Pantai Balaikambang (Malang)

Pantai Balaikambang merupakan salah satu tempat wisata di Malang. Pantai Balai Kambang masuk wilayah Kecamatan Donomulyo Kabupaten Malang, Malang Selatan/Bantur. Dengan kondisi alam yang bersih, Balaikambang sesuai untuk tempat wisata keluarga. Di sini pun ada dua pulau karang kecil, salah satunya Pulau Ismaya yang memiliki pura. Terkadang, di tempat ini juga dipergunakan ritual agama Hindu atau Budha, misalnya pada hari raya Nyepi. Bila perjalanan dari Kota Malang, anda akan melewati beberapa perkampungan kecil dan hutan kecil serta hamparan sawah di kiri kanan sepanjang perjalanan menuju ke lokasi.

Bila dari Kota Kepanjen, Anda tinggal ke arah timur lebih dahulu kemudian ke selatan, melewati Kecamatan Gondanglegi, menuju Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang.

Setelah Anda tiba di perempatan Kota Kepanjen, silahkan belok ke kiri, arah ke Stadion Kanjuruhan Kepanjen. Nah, dari Stadion Kanjuruhan lurus saja ke arah timur menuju ke sebuah pertigaan di Gondanglegi, untuk menuju ke arah selatan, arah ke Pantai Balekambang.

Pantai Balekambang bila dari Kota Malang berjarak sekitar 63 km, atau bila ditempuh dalam perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam saja.


Mengunjungi Pantai Balekambang, Anda akan menemui panorama indah seperti pantai pasir putih mempesona, landai, dan dihiasi karang laut sepanjang dua kilometer dengan air jernih dan ikan yang berenang di antara kaki Anda, serta Pulau Ismoyo dengan pura dan jembatannya di sebelah barat.

Setiap tahunnya pura Hindu yang yang indah dan seperti sempalan Pulau Bali ini menjadi lokasi pelaksanaan upacara ritual dan adat Jalanidhi Puja, serta Suran, atau upacara tahun baru Jawa. Sosoknya yang menawan dan rupawan telah menjadi salah satu hal yang paling ikonik dari objek wisata Pantai Balekambang.

Ada berbagai hal menarik yang dapat Anda lakukan, seperti berkemah di kawasan camping ground di tepi pantai, wisata kuliner dan suvenir, serta memancing sambil menikmati pemandangan matahari terbenam adalah sesuatu yang sederhana, namun sungguh sangat menakjubkan.

No comments:

Post a Comment